Manajemen Pemasaran |
Philip
Kotler/Amstrong (2002:14): Pengertian manajemen pemasaran menurut philip kotler
bahwa manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan
maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
Buchari Alma
(2004:130): Menurut Buchari Alma bahwa pengertian manajemen pemasaran adalah
merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran ataupun
bagian dipemasaran.
1. Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli
Pada umumnya produsen menghasilkan produk dalam
memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan. Konsumen adalah orientasi utama dalam strategi bisnis. Tentu proses
marketing atau penjualan dalam bisnis tentu mengedepankan pihak konsumen dalam
konsep pemasaran sebagia perioritas utama.
2. Perencanaan Kegiatan-Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Dalam kegiatan pemasaran harus disusun secara
menyeluruh dari segala keperluan agar mempermudah proses pemalaksanaan dan
pengawasan.
3. Kepuasan Konsumen
Hal ini menjadi
perhatian utama dalam menyusun strategi pemasaran. Bagusnya manajemen pemasaran
ketika menyetujui hasil keputusan para konsumen yang maksimal. Kepuasan
konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan,
tetapi bagaimana cara maupun strategi pemasaran yang dijalankan.
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
Philip
Kotler/Amstrong (2002:14): Pengertian manajemen pemasaran menurut philip kotler
bahwa manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan
maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
Buchari Alma
(2004:130): Menurut Buchari Alma bahwa pengertian manajemen pemasaran adalah
merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran ataupun
bagian dipemasaran.
Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran
1. Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli
Pada umumnya produsen menghasilkan produk dalam
memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan. Konsumen adalah orientasi utama dalam strategi bisnis. Tentu proses
marketing atau penjualan dalam bisnis tentu mengedepankan pihak konsumen dalam
konsep pemasaran sebagia perioritas utama.
2. Perencanaan Kegiatan-Kegiatan Pemasaran Secara
Menyeluruh
Dalam kegiatan pemasaran harus disusun secara
menyeluruh dari segala keperluan agar mempermudah proses pemalaksanaan dan
pengawasan.
3. Kepuasan Konsumen
Hal ini menjadi
perhatian utama dalam menyusun strategi pemasaran. Bagusnya manajemen pemasaran
ketika menyetujui hasil keputusan para konsumen yang maksimal. Kepuasan
konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan,
tetapi bagaimana cara maupun strategi pemasaran yang dijalankan.
Tugas Manajemen Pemasaran
·
Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen
·
Mengembangkan konsep-konsep produk atau barang untuk
kebutuhan dan kepuasan konsumen atau
pasa
·
Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan
maupun merk
·
Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan
·
Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien
·
Mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment
yang layak.
·
Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien
·
Mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment
yang layak.
0 komentar:
Post a Comment